Sabtu, 18 Juni 2011

Pelatihan Mendongeng Efektif Bagi Anggota Klub Buku Perpustakaan

Dalam rangka menumbuhkan minat baca, keterampilan lisan dan meningkatkan kecerdasan emosi siswa, Unit Perpustakaan SDN Polisi 4 Bogor menyelenggarakan pelatihan Mendongeng Efektif bagi siswa anggota Klub Buku di ruang Audiovisual SDN Polisi 4 Bogor pada Sabtu, 18 Juni 2011 Jam 09.00-11.00.
Pelatihan singkat hasil kerjasama unit perpustakaan dan bagian Kesiswaan SDN Polisi 4 Bogor ini menghadirkan praktisi pendongeng berpengalaman Kak Isti , yang juga merupakan Direktur Pengembangan Pendidikan Humaira Kidz.

Pada kesempatan tersebut kak Isti memaparkan teknis memilih bahan bacaan untuk mendongeng , keterampilan menulis narasi dongeng dan cara menyajikan dongeng yang menarik dengan memadukan unsur puisi, lagu , deklamasi, dramatikal ,hingga berbantuan multimedia.
Berdasarkan pengalaman kak Isti ,seorang pendongeng harus juga mengasah kefasihan vokal, ekspresi wajah dan gerak tubuh yang sesuai dengan tuntutan dongeng sehingga imajinasi dan emosi audiens tetap larut sepanjang kegiatan dongeng.

Pada sesi akhir pelatihan , kak Isti memberikan tips bagi siswa yang ingin mempraktikan kegiatan mendongeng untuk menidurkan sang adik di rumah, mulailah dengan tema yang terkait aktifitas adik sehari-hari , sisipkan pesan dan ajaran positif , pungkas kak Isti.

Pustakawati, Dermila Akhirani A.Md dan guru bidang kesiswaan Ida Fitriyanti S.Pd yang setia mendampingi siswa pada setiap kegiatan literasi yang diselenggrakan di Perpustakaan SDN Polisi 4 Bogor dan komite sekolah yang memprakarsai kegiatan ini ,sama-sama berharap agar agenda semacam ini tidak hanya dilakukan secara temporer tapi menjadi agenda rutin yang melayani banyak siswa di SDN Polisi 4 pada masa mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih atas komentar pengunjung demi eksisensi blog perpustakaan SDN Polisi 4 Bogor yang lebih baik. Salam staf Perpus; Dermila Akhirani,A.Md