Senin, 26 September 2011

Lomba Perpustakaan SD Tingkat Kota Bogor





Perpustakaan SDN Polisi 4 Mengikuti Lomba Perpustakaan SD Tingkat Kota Bogor

Pada hari kamis tanggal 22 september 2011, perpustakaan SDN polisi 4 Bogor menerima kunjungan tim juri dalam rangka penilaian lomba pengelolaan perpustakaan SD tingkat kota Bogor. Sebelumnya perpustakaan SDN Polisi 4 lolos seleksi tingkat Bogor Tengah. Ini merupakan apresiasi yang sangat menggembirakan bagi unit perpustakaan SDN Polisi 4 Bogor. Tim Juri terdiri dari 3 orang yaitu: 1. Ibu Mujiasih Lestari dari Disdik Kota Bogor 2. Bp M. Hanidjih dari Disdik Kota Bogor 3. Bp Edi Suryanto dari Perpustakaan Umum kota Bogor.

Aspek penilaian meliputi:
1. Profil perpustakaan SD
2. Katalogisasi meliputi Buku katalog atau kartu katalog
3. Pengelolaan koleksi
4. Sirkulasi peminjaman
5. Implikasi pengelolaan perpustakaan
6. Kerapihan, Kebersihan, Penataan koleksi

I.Profil perpustakaan SDN Polisi 4 Bogor

Unit perpustakaan berada di bawah bidang kesiswaan. Pengelola perpustakaan adalah Ibu Dermila Akhirani A, Md dari Diploma 3 Perpustakaan Institut Pertanian Bogor.
Sarana dan prasarana yang dimiliki perpustakaan cukup lengkap ada 1 unit komputer, 1 unit printer untuk kegiatan administrasi perpustakaan dan 3 unit komputer diperuntukkan siswa sebagai media on line/ akses internet. Ada pula ruang multimedia sebagai media pembelajaran atau media baca melalui layar. Rak gantung untuk menyimpan koran, tabloid dan majalah, 5 meja baca, 2 buah kipas angin, 3 buah rak sepatu dan 1 set mading untuk menampilkan karya siswa dan info kegiatan klub buku.
Jumlah koleksi bahan pustaka ada 1500 judul 10704 eksemplar. Dengan rincian buku pelajaran dan buku cerita 1295 judul, 9832 eksemplar. Koleksi referensi ensiklopedia, kamus terdiri dari 93 judul 494 eksemplar. Atlas 42 judul 276 eksemplar. Koleksi non cetak ada 17 set, CD pembelajaran matematika 3 set, CD pembelajaran IPA 5 set, CD Pembelajaran bahasa inggris 3 set, CD pembelajaran IT 3 set dan CD pembelajaran geografi 3 set. Anggaran perpustakaan diperoleh dari dana BOS dan komite sekolah.

Program unggulan perpustakaan ada klub buku yang terbentuk pada 18 Pebruari 2011 dengan anggota sekitar 40 siswa. Kegiatan yang telah dilaksanakan 5 kegiatan yaitu:

1. Tanggal 18 Pebruari 2011
Perpustakaan mendatangkan penulis cilik novel Kecil-kecil Punya Karya(KKPK) bernama Sucia Ramadani. Kegiatan ini bertujuan menambah keingintahuan siswa dalam bidang tulis menulis. Bagaimana cara menulis sampai tulisan itu bisa menjadi sebuah buku dan diterbitkan. Ide cerita didapat dari mana, penentuan judul buku sampai berapa lama proses menulis.

2. Tanggal 11, 18 dan 25 Maret 2011
Pelatihan blog bagi anggota klub buku. Sesi pertama siswa diminta membuat alamat e-mail beserta tahapan membuat dan memulai blog, sesi kedua cara memasukkan tulisan dan gambar. Sesi ketiga menambah aksesori untuk mempercantik tampilan blog. Pelatihan awal ini diberikan oleh Bapak. M. Yusuf orang tua siswa SDN polisi 4.

3. Tanggal 2 April 2011
Pelatihan menulis buku oleh Bp. M. Ridwan beliau adalah penulis buku Catatan Kasih Bunda DAR Mizan, Hikmah Mempesona dari Anakku Gema Insani Press. inti kegiatan ini mengajari siswa cara menulis berdasarkan kejadian sehari-hari atau aktivitas sehari-hari, waktu yang disediakan hanya 5 menit ternyata dalam waktu 5 menit siswa dapat menulis sebanyak 7-9 baris.

4. Tanggal 2 April 2011
Pelatihan oleh blogger berprestasi Nonadita. Beliau adalah penerima Microsoft Bloggership Award 2009. Inti dari kegiatan ini siswa diharapakan dapat berpikir kritis, belajar berbahasa dan mengembangkan blog sesuai dengan minat dan bidangnya.

5. Tanggal 5 Juni 2011
Pelatihan tehnik bercerita atau mendongeng oleh kak Isti beliau adalah Direktur pengembangan pendidikan Humaira Kidz. Inti dari kegiatan mengajari anak untuk menceritakan kembali isi dari sebuah kejadian, baik itu kejadian sehari-hari maupun kejadian yang diputar melalui media layar. Kejadian tersebut diimbangi dengan mimik suara apakah itu suara anak-anak, binatang, hujan, angin, air maupun bunyi lain-lain. Kak isti juga mengajari siswa mendongeng melalui boneka tangan dengan menirukan berbagai macam suara.

II. Katalogisasi

Kartu katalog di susun berdasarkan judul buku secara alfabet. Katalogisasi di buat di program Win Isis suatu program penelusuran informasi khusus untuk perpustakaan berstandar internasional.


III. Pengelolaan koleksi

Buku-buku yang baru datang di data di buku induk penerimaan. Kemudian di lakukan proses kepemilikan di lembar depan buku, melengkapi kantong buku dan slip buku, memberikan nomor klasifikasi buku berdasarkan tajuk subjek, memberi call number/ nomor panggil pada punggung buku. Menginput buku ke data base Win isis dan buku dijajarkan di rak buku sesuai dengan nomor klas nya dan buku siap untuk dipinjamkan. Kemudian dilakukan statistik koleksi perpustakaan.

IV.Sirkulasi Peminjaman

Sistem peminjaman berlaku selama maksimal 1 minggu 1 buku. Prosedur peminjaman buku siswa di minta menulis buku yang akan dipinjam di form data peminjaman buku dengan menunjukkan kartu anggota perpustakaan. Masa keanggotaan berlaku selama 1 tahun selanjutnya dapat melakukan perpanjangan. Koleksi referensi seperti ensiklopedia, kamus dan atlas statusnya tidak dipinjamkan hanya boleh difotokopi untuk keperluan suatu artikel.
Prosedur pengembalian buku meliputi buku yang telah dipinjam di simpan di meja pengembalian buku, siswa yang terlambat mengembalikan buku dikenakan denda Rp. 500,- sehari, Jika buku yang dipinjam hilang siswa diminta mengganti dengan buku lain yang bertema sama.

V. Implikasi Pengelolaan Perpustakaan

Jumlah pengunjung perpustakaan di hitung berdasarkan buku data kunjungan siswa/ buku tamu. Koleksi milik perpustakaan beragam terdiri dari buku cerita anak-anak, fabel, sains, fiksi, novel, cerita rakyat, budaya, kerajinan tangan, pertanian , ensiklopedia, kamus dan peta.
Lomba minat baca dilaksanakan dalam kurun waktu satu semester atau 1 tahun kali. Dengan tujuan menambah semangat siswa untuk lebih gemar membaca. Duta perpustakaan tahun ini jatuh kepada Galuh Radite Bayu Kinasih kelas 4c. Pemberian gelar ini berdasarkan kriteria pada banyaknya jumlah buku yang dipinjam serta kedisiplinan dalam pengembalian buku. Untuk tahun ajaran 2010/2011 semester pertama, juara umum sekaligus juara 1 Galuh Radite Bayu Kinasih kelas 4C, Juara 2 Garnis Nadia Rahayu kelas 4B, juara 3 Gebrina Fidzah kelas 3D, Juara 4 Zahra Avrilla kelas 4B. Untuk semester kedua, juara 1 Amanda Octavera kelas 3B, Juara 2 Safira Nur Azizah (mutasi), Juara 3 Demma Zilba Budiman kelas 5A. Untuk kategori hasil karya puisi yang dimuat di blog juara umum Gianni Jeklin Sembiring kelas 6A, dan kategori gambar Aura Pijar Matahati kelas 4D.

Peran guru di perpustakaan
Partisipasi guru dalam rangka mengembangkan minat baca di SDN Polisi 4 cukup berperan. Proses belajar mengajar sering di lakukan di perpustakaan. Siswa di ajarkan cara merangkum suatu buku, menceritakan kembali isi dari suatu buku, membuat puisi dan mencari informasi tentang pengetahuan alam. Guru yang meminjam buku di perpustakaan setiap minggu selalu ada, frekuensi kunjungan guru ke perpustakaan cukup tinggi dalam sehari 5 orang guru mengunjungi perpustakaan untuk membaca buku, koran maupun melakukan proses belajar mengajar. Untuk ruang multimedia pembelajaran melalui cd interaktif, media layar sering dilakukan. Kegiatan klub buku dilakukan di ruang multimedia seperti kegiatan tehnik bercerita, tehnik menulis karena bisa ditampilkan dengan media OHP.

2 komentar:

terima kasih atas komentar pengunjung demi eksisensi blog perpustakaan SDN Polisi 4 Bogor yang lebih baik. Salam staf Perpus; Dermila Akhirani,A.Md